Sel. Nov 30th, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Final Lomba Best Practice (LBP) Guru Tahun 2019 berlangsung di Lahan Observasi/Vokasi Abeuk Brande Ujong Blang, Kota Lhokseumawe pada Kamis (21/11). Lomba tersebut dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe yang didukung oleh beberapa sponsor.

Ketua IGI Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan MPd menyampaikan bahwa lomba tersebut sengaja dilaksanakan di tempat yang alami agar berlangsung dalam suasana yang relaks dan nyaman. Menurutnya, lomba best practice diadakan oleh pihaknya dengan tujuan untuk menampilkan pengalaman terbaik guru selama riwayat mengajarnya.

“Tujuan utama lomba ini agar pengalaman terbaik guru yang sudah terbukti sukses dapat ditiru atau menginspirasi guru lain. Harapannya agar pembelajaran yang dilakukan guru semakin bervariasi, kreatif, dan inovatif,” jelas Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menambahkan bahwa sesuai dengan tema yang diangkat, diharapkan best practice tersebut dapat membangun karakter unggul siswa. Selain itu, ungkap Darmawan, best practice yang ditampilkan dapat meningkatkan profesionalitas guru di era disrupsi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan tersebut, diantaranya penerbit buku Masmedia.

Penggagas kegiatan sekaligus anggota DPRK Lhokseumawe, Azhari ST SPdT Gr saat membuka lomba mengharapkan kepada para finalis untuk menampilkan karya terbaik. Dikatakannya bahwa ia akan selalu mendukung dan mensupport kegiatan yang dilakukan IGI Lhokseumawe terutama yang bermuara pada peningkatan kompetensi guru.

“Saya berasal dari guru dan saya sudah mewakafkan diri untuk berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Termasuk ketika saya dipercaya menjadi anggota DPRK, maka kegiatan guru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pasti akan kita support. Saya melihat kegiatan yang dilakukan IGI selalu sangat positif untuk kemajuan pendidikan,” pungkas Azhari yang juga anggota IGI Kota Lhokseumawe itu.

Pantauan tim acehsiana.com, para finalis menampilkan karya terbaik sesuai dengan karya yang dikirim saat pendaftaran. Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Aceh Wilayah Kota Lhokseumawe, Anwar MPd sempat meninjau final lomba best practice tersebut. Anwar mengapresiasi IGI Lhokseumawe yang melaksanakan kegiatan di tempat alami seperti lahan vokasi tersebut.

Para finalis dinilai oleh dewan juri yang telah ditunjuk IGI Kota Lhokseumawe. Para dewan juri yang terlibat adalah Dekan FTIK IAIN Lhokseumawe, Dr Zulfikar Ali Buto MA, Didi Pianda ST MSM dan Syamsiah Ismail MPd. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *