Rab. Jul 6th, 2022

ACEHSIANA.COM, Aceh Timur-Sebanyak 38 guru di SMA Negeri 1 Idi Tunong Aceh Timur mengikuti pelatihan Satu Guru Dua Evaluasi Digital (SAGUDELTA) pada tanggal 5 dan 8 Nopember 2019 di Laboratorium Komputer SMAN 1 Idi Tunong. Pelatihan dengan format In House Training (IHT) tersebut mengambil materi kecakapan tentang membuat soal secara digital yang bisa diaplikasikan pada ujian berbasis komputer dan tablet bagi siswa.

Kepala SMA Negeri 1 Idi Tuning, Dra Cut Nurbaiti saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut hendaknya menjadi kecakapan bagi guru dalam merakit soal berbasis komputer dan tablet. Terlebih sekolah ini, lanjut Nurbaiti, merupakan sasaran penerima bantuan BOS Afirmasi yang nantinya diberi bantuan tablet. Nurbaiti berharap bantuan tersebut dapat difungsikan tidak hanya untuk pembelajaran yang terintegrasi ke Rumah Belajar namun juga bisa untuk tool ujian berbasis tablet meski offline sekalipun.

Pantauan tim acehsiana.com, kegiatan yang berlangsung selama dua hari menghadirkan narasumber dari Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI), Khairuddin. Materi yang disajikan berupa membuat soal ujian secara offline yang bisa digunakan dalam pelaksanaan ulangan harian, ujian semester termasuk try out mandiri dimana guru di sekolah tersebut merakit soal dan kunci jawaban. Menurut Khairuddin, pelaksanaan ujian nantinya bisa menggunakan jaringan internet atau tanpa jaringan internet.

“Ujian berbasis digital ini selain menekan biaya pelaksanaan ujian karena paperless, juga bermanfaat karena hasil ujian langsung terlihat, menghemat waktu bagi guru mengkoreksi lembar jawaban siswa. Sehingga melalui pengetahuan yang diperoleh guru, SMA Negeri 1 Idi Tunong siap menyongsong era disrupsi, termasuk salah satunya, evaluasi digital,” jelas Khairuddin.


Salah seorang peserta pelatihan, Ayu Warisman, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat berguna bagi guru di sekolah mereka. Selain itu, lanjut Ayu nantinya akan bermanfaat bagi pembinaan mental siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional. (*)

Kontributor: Haerud

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *