Ming. Okt 17th, 2021

ACEHSIANA.COM, Bireun-Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK Se-Kabupaten Bireuen mengikuti kegiatan pelatihan pembelajaran “Science Technology Engineering and Mathematics”  (STEM) yang dilaksanakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen di SMK Negeri 1 Bireuen, Sabtu (9/11/19).

Menghadapi era revolusi industri 4.0, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu negara. Diperlukan pendidikan sebagai bekal agar SDM tersebut memiliki kualitas untuk mampu bersaing dengan ketat. Selain itu, keterampilan dan kepemimpinan seseorang juga berpengaruh pada kemampuan bertahan dalam era transformasi teknologi yang begitu cepat.

Pemecahan masalah yang kompleks, berpikir kritis, kreativitas, manajemen orang, dan koordinasi dengan orang lain. Kemudian, ada juga kecerdasan emosional, penilaian dan keputusan, orientasi pada layanan, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Dari hal tersebut guru di tuntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya, salah satunya adalah menerapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran di sekolahnya.

Dimana sains, Teknologi, Teknik dan Matematika terintegrasi dalam suatu proses Pendidikan berfokus pada pemecahan masalah, sehingga materi Matematika yang dipelajari siswa berkaitan langsung dengan kehidupan sehari hari yang nyata serta dalam kehidupan professional.

Narasumber yang diundang adalah Prof. Dr. Rahmah Johar, M. Pd (Ketua Pusat Reaserch dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) Universitas Syiah Kuala / Koordinator Prodi Magister Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah ) dan Teuku Julizal, S. Pd ( Ketua Bidang Diklat IGI Aceh Jaya ).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen yang di wakili oleh Kasie Kepegawaian Hamdani, S. Pd, M. Pd,  dalam sambutannya ia mengaharapkan kepada seluruh peserta agar menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber yang sudah di undang, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas.

Sementara, narasumber Prof. Rahmah Johar berharap bahwa guru terus belajar dan tidak menunggu panggilan pelatihan, boleh jadi dengan mencari informasi melalui internet, dan berani mencoba berkolaborasi dengan guru antar bidang studi lainnya, sehingga pembelajaran dengan pendekatan STEM dapat dilakukan oleh guru yang ada di Kabupaten Bireuen.

Hal serupa juga disampaikan oleh narasumber lainnya Teuku Julizal salah seorang guru SMK Negeri 1 Panga, ia berharap semoga ilmu yang disampaikan bermanfaat dan terus dikembangkan,sehingga nantinya pendekatan STEM benar benar diterapkan di seluruh sekolah yang ada di kabupaten Bireuen.

” Kami siap dipanggil untuk membimbing dan memdampingi guru seluruh Aceh dalam menerapkan pendekatan STEM di sekolah, kita akan berkolaborasi dengan pakar STEM yang ada di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh” ujar T.Julizal yang juga merupakan Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Unsyiah ini.

Ketua panitia Feri Irawan, S. Pd, M. Pd dalam laporanya menyampaikan bahwa, kegiatan ini kita beri nama Pembinaan dan Pembinaan MGMP PAI, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia dan Teknik Komputer Jaringan, karena kegiatan ini dilaksanakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen dan bekerjasama dengan  berbagai forum MGMP yang ada.

Feri berpesan, kita sengaja mengundang narasumber yang benar-benar paham tentang STEM dan berpengalaman dalam menerapkan pendekatan STEM di sekolah, sehingga materi yang didapatkan oleh guru benar-benar nyata.

“STEM adalah ilmu baru bagi guru di Kabupaten Bireuen, ia berharap para narasumber tetap memantau dan terus membimbing guru baik secara tatap muka maupun secara video conference” tutup Feri.

Laporan : Maswadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *