Jum. Jul 30th, 2021

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Dalam rangka menyambut Hari Anak Internasional (HAI) tahun 2019, SD Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh melaksanakan kegiatan sehari belajar di luar kelas pada Kamis (07/11).

Kepala SD Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh, Bakhtiar SPd mengatakan, sejak Indonesia menyambut Hari Anak Internasional, sekolah ini sudah masuk tahun ketiga sejak tahun 2017 melaksanakan kegiatan sehari belajar di luar kelas.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata atas komitmen SD Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh dalam menciptakan sekolah ramah anak,” jelas Bakhtiar.

Menurut Bakhtiar, kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak tujuh belas langkah dimulai dengan menyambut anak pada pagi hari oleh semua guru, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan deklarasi sekolah ramah anak.

Proses belajar di luar kelas siswa SDN 67 Percontohan Banda Aceh (doc. Bayhaqi)

Selanjutnya, tambah Bakhtiar, seluruh siswa melakukan sarapan sehat yang disiapkan oleh orang tua. Langkah lainnya, lanjut Bakhtiar, adalah memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang-barang atau benda-benda yang bisa membahayakan murid. Kegiatan tersebut menurut Bakhtiar, merupakan cara mencintai lingkungan.

“Setelah membaca buku di luar kelas selama lima belas menit, dilakukan simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak. Kegiatan ini dalam rangka mengajarkan peserta didik melakukan pengurangan terhadap resiko bencana,” tegas Bakhtiar.

Lebih lanjut Bakhtiar menyatakan bahwa kegiatan terakhir dilakukan permainan tradisional dan ditutup dengan yang lagu tak gentar yang dinyanyikan secara bersama-sama.

“Kegiatan seperti ini merupakan momen sangat penting dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk melaksanakan sehari belajar di luar kelas. Tujuannya adalah agar anak-anak bahagia karena ini adalah hari mereka. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dan kekompakan dewan guru, komite dan orang tua peserta didik,” pungkas Bakhtiar.

Peringatan HAI di SD Negeri 67 Percontohan dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Jailani Yusti SAg MPd. Jailani pada kesempatan tersebut juga melantik tim sekolah ramah anak ditandai dengan penyematan selempang.

Jailani mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini dalam menyambut Hari Anak Internasional. Jailani mengharapkan kegiatan belajar sehari di luar kelas yang diikuti oleh semua murid dan dirangkai dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya serta diikuti oleh semua sekolah khususnya Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh.

Editor : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *