Jum. Jul 30th, 2021

ACEHSIANA.COM – IGI Aceh Timur kembali menggelar acara pelatihan pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar dan pembuatan video pembelajaran dalam rangka memeriahkan hari guru nasional 2019. Pelatihan dilaksanakan di SMAN 1 Peureulak Rabu 06 November 2019 sebagai narasumber Khairuddin, M.Pd salah satu sahabat rumah belajar dan Muhammad Fauzi, M.Pd.I.

Ananda Geubrina Rizky dalam laporan panitia mengatakan kegiatan ini disambut baik oleh guru –guru yang ada di Aceh Timur sehingga pendaftran membludak.


“Jumlah peserta yang terdaftar 125 peserta terdiri dari berbagai jenjang Tk/PAUD 1 Peserta, SD/MI 59 peserta, SMP/MTsN 28 Peserta, SMA/SMK/MA 35 dan dari unsur pengawas 2 peserta” sebut Geubrina.

Sementara itu ketua IGI Aceh Timur Muhammad Fauzi, M Pd I menjelaskan Portal Rumah Belajar menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.


“Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Dimana dalam fitur tersebut disediakan fitur-fitur seperti sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, kelas digital, buku sekolah elektronik, pengembangan keprofesian berkelanjutan, peta budaya dan wahana jelajah angkasa” ujar Fauzi.

Husaini selaku Kepala cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Kabupaten Aceh Timur mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI Aceh Timur, kegiatan ini merupakan suplemen untuk guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Beliau juga berpesan kepada pengurus IGI Aceh Timur agar dapat membangkitkan semangat guru untuk menunjang profesi guru dalam menyongsong era digital 4.0.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur Saiful Basri S.Pd, M.Pd. Dalam arahannya beliau menjelaskan pelatihan ini suatu fenomenal bagi guru di Aceh Timur yang rela mengeluarkan dana sendiri untuk mendapakan ilmu. Guru harus dapat menggunakan fasilitas rumah belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Yang perlu di ingat bahwa sehebat apapun aplikasi yang digunakan yang namun guru tidak dapat digantikan oleh kecanggihan teknologi” pungkas Saiful.

Laporan : Muhammad Fauzi
Editor: Fitriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *