Sel. Jun 22nd, 2021

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Wilayah Kota Sabang, Abdul Hamid S.Pd M.Pd mengatakan bahwa Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mampu meningkatkan mutu guru jika dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Pernyataan tersebut disampaikan Hamid saat menjadi narasumber kegiatan Dialog Dunia Pendidikan Aceh yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh pada tanggal 26 – 28 Oktober 2019 di Hotel Mekkah, Banda Aceh.

Hamid merupakan salah satu dari 4 (empat) orang narasumber yang dihadirkan pada hari kedua kegiatan. Hamid dipercayakan untuk membawa materi Kiat Meningkatkan Mutu Guru. Sementara peserta kegiatan terdiri atas 23 kepala kantor kemenag dan 20 kacabdindik se-Aceh.

Menurut Hamid, peningkatan mutu pendidikan harus diawali dari peningkatan mutu guru. Hamid menambahkan bahwa  peningkatan mutu guru diawali dengan pelatihan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan guru itu sendiri. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan guru, lanjutnya dapat berpedoman pada hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang sudah dilaksanakan.

“Selanjutnya peningkatan mutu guru lebih baik melalui kegiatan MGMP. MGMP sangat bagus jika dilakukan dengan sistematis dan berkelanjutan. MGMP akan berjalan dengan baik bila pemandu atau instruktur MGMP harus lebih dulu dilatih dengan baik,” jelas Hamid.

Lebih lanjut Hamid mengungkapkan bahwa mengurus pendidikan bagaikan mengurus sebuah keluarga, artinya mengurus keluarga butuh keterampilan, kesabaran, dan taktik taktik khusus.  Hamid menerangkan bahwa dunia pendidikan bukan hanya ilmu pengetahuan saja yang dibutuhkan, tetapi kepribadian dan akhlakul kharimah.

Kegiatan workshop dalam rangka Dialog Dunia Pendidikan Aceh pada malam kedua menghadirkan 4 orang narasumber, yaitu pertama, Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar SH dengan materi Pemerataan Guru dan Pengawas, kedua, Kacabdindik Wilayah Kota Sabang, Abdul Hamid SPd M.Pd mengulas Kiat Meningkatkan Mutu Guru, ketiga, Ketua K3M, Nurhanifah M.Pd memaparkan Peran Guru, dan keempat, Kacabdindik Wilayah Nagan Raya, Dr Khairan M.Pd mengurai Kiat Siswa Lulus di Perguruan Tinggi.

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *