Sel. Nov 30th, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Guru Fisika Lhokseumawe yang tergabung dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA/SMK dilatih merancang perangkat soal otomatis. Pelatihan tersebut berlangsung di gedung SMAN 2 Lhokseumawe pada Minggu (27/10). Pelatihan tersebut merupakan bagian dari kegiatan MGMP SMA/SMK yang dilaksanakan oleh Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wilayah Kota Lhokseumawe.

Ketua Panitia, Mukhtaruddin S.Pd melaporkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 30 guru Fisika SMA/SMK se-Kota Lhokseumawe. Menurut Mukhtaruddin, sesuai jadwal maka materi pelatihan pada Minggu (27/10) adalah merancang perangkat soal otomatis. Lebih lanjut Mukhtaruddin menerangkan bahwa guru Fisika tersebut dilatih oleh Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan S.Pd M.Pd.

Narasumber kegiatan, Jon Darmawan S.Pd M.Pd mengatakan bahwa sesuai dengan perkembangan teknologi era disrupsi, maka sistem otomatisasi sangat mendukung kemudahan guru dalam mempersiapkan perangkat soal. Ketua MGMP Fisika SMA Kota Lhokseumawe itu menyebut bahwa guru dapat menghasilkan kisi-kisi soal, kartu soal, dan naskah soal melalui sistem mailings yang dikembangkan Microsoft.

“Guru hanya perlu mengisi master data sesuai dengan data yang diperlukan. Misalnya Kompetensi Dasar, Indikator Soal, Soal, Pilihan Jawaban, dan Kunci Jawaban. Menu mailings pada Microsoft Word secara otomatis akan mengatur data tersebut pada file kisi-kisi soal, kartu soal, dan naskah soal. Guru akan menghasilkan perangkat soal secara otomatis tanpa butuh waktu yang lama,” urai Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan mengungkapkan bahwa sekitar 90% peserta mampu menghasilkan perangkat soal secara otomatis. Dengan demikian peserta tersebut sudah siap administrasi perangkat soal sesuai yang diminta sekolah menjelang Penilaian Akhir Semester (PAS).

Kontributor: Didi Pianda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *