Sel. Jun 22nd, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Sekolah Sukma Bangsa (SSB) Lhokseumawe menggelar Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) berbasis digital. Komisi Pemilihan Umum (KPU) SSB Lhokseumawe menamai sistem tersebut sebagai e-Pilketos. E-Pilketos dilaksanakan pada Rabu (23/10) di gedung SSB Lhokseumawe

Berdasarkan press release yang ditanda tangani Pembina OSIS SSB Lhokseumawe, Azwar Anas kepada acehsiana.com, rangkaian e-pilketos berakhir pada Rabu (23/10). Sebelumnya KPU SSB Lhokseumawe membuka pendaftaran calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2019-2020 pada tanggal 3 Oktober 2019. Sampai batas akhir pendaftaran terdapat dua pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS yang lolos verifikasi KPU SSB Lhokseumawe.

Kedua pasangan yang lolos verifikasi dan ditetapkan nomor urut 01 yaitu Muhammad Hafizd Muttaqin (calon ketua OSIS), M. Yudha Lamkaruna (calon wakil koordinator SMA), dan Azrina Alifa (calon wakil koordinator SMP). Sementara pasangan nomor urut 02 adalah M. Haikal Alghiffary (calon ketua OSIS), M. Quraisy Assyarif (calon wakil koordinator SMA), dan Defa Rizky Ghaitsan (wakil koordinator SMP).

Dalam press release Azwar menerangkan lebih lanjut bahwa kedua pasangan calon mengikuti debat terbuka pada Senin (21/10). Debat terbuka disaksikan oleh seluruh warga SSB Lhokseumawe. Bahkan dewan guru juga ikut menyaksikan debat terbuka tersebut.

“Pilketos sengaja di setting layaknya pemilu sungguhan seperti yang terjadi di Indonesia. Hal ini dilakukan agar siswa dapat dengan bebas memilih pemimpin sendiri. Tujuannya agar siswa paham tentang politik praktis sungguhan. Selain itu juga untuk memberikan edukasi politik bagi siswa yang akan terlibat langsung dalam kontestasi politik di Indonesia,” jelas Azwar.

Menurut Azwar dalam release menambahkan bahwa panitia menyediakan 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumla pemilih sebanyak 507 orang berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hanya 495 pemilih yang berpartisipasi. Mereka memberikan suara pada TPS yang telah ditentukan.

Kepala SMAS Sukma Bangsa Lhokseumawe, Zubir S.Si menjelaskan bahwa sistem Pilketos kali ini di SSB Lhokseumawe menerapkan sistem e-voting atau e-pilketos. Menurut Zubir, sistem itu digunakan untuk memperkenalkan teknologi yang berbasis digital pada siswa. Selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan green school project dengan meminimalisir penggunaan kertas (paperless) di SSB Lhokseumawe.

Berdasarkan press realease diketahui bahwa pasangan nomor urut 02 (M. Haikal Alghiffary, M. Qushay Assyarif, dan Defa Rizky Ghaitsan) terpilih sebagai Ketua dan Wakil Koordinator OSIS SSB Lhokseumawe periode 2019-2020 dengan perolehan sebanyak 288 suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *