Ming. Okt 17th, 2021
Panitia e-pilkesis SSB Lhokseumawe memperhatikan cara merancang e-pilkesis

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Sukma Bangsa (SSB) Lhokseumawe mengikuti pelatihan cara mendesain sistem Pemilihan Ketua Osis berbasis Digital atau lebih dikenal dengan e-pilkesis. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat SSB Lhokseumawe pada Sabtu (18/10).

Adapun narasumber yang melatih mereka adalah salah seorang pakar e-pilkesis yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan M.Pd. Menurut Darmawan, e-pilkesis merupakan sistem pemilihan ketua OSIS menggunakan format e-voting.

“Sistem ini dapat berlangsung secara localhost dan admin dapat diparalelkan sehingga memudahkan dalam pengisian data. Tingkat kerahasiaan sangat tinggi dan mampu meminimalisir kecurangan maupun penggelembungan suara. Hal ini disebabkan sistem hanya membaca sekali nomor yang diinput dan menolak nomor yang tidak sesuai dengan yang diinput maupun nomor yang sudah digunakan” jelas guru SMAN 7 Lhokseumawe tersebut.

Lebih lanjut Darmawan mengatakan perolehan hasil dapat ditampilkan setiap saat atau quick count. Setelah selesai proses pemungutan suara, saat itu juga pemenang pilkesis langsung diketahui. Darmawan menjamin bahwa sistem itu mampu berjalan secara efektif dan efisien.

Kepala SMAS Sukma Bangsa Lhokseumawe, Zubir, S.Si mengucapkan terima kasih kepada ketua IGI Kota Lhokseumawe yang telah membantu panitia dan pengurus OSIS dalam merancang e-pilkesis. Zubir berharap e-pilkesis yang rencananya dilaksanakan pada Senin (21/10) dapat berlangsung secara sukses.

“Kegiatan ini sejauh yang saya amati berjalan sesuai ekspektasi. Saya berharap hari pemungutan suara nanti dapat berlangsung secara sukses sebagaimana yang kita harapkan. Program e-pilkesis ini sesuai dengan program sekolah paperless yang sedang kita galakkan” pungkas Zubir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *