Menu
Leading News For Education For Aceh

190.444 Peserta Lulus Program Akademik PTN, 12.245 Lulus PTKIN, dan 28.415 Lulus PTN Vokasi

  • Bagikan
231.104 Peserta Lulus UTBK-SNBT 2024: Peluang Baru bagi Calon Mahasiswa
Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof Ganefri

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 telah dijadwalkan untuk diumumkan pada pukul 15.00 WIB hari ini.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof Ganefri, mengungkapkan bahwa dari 785.058 peserta yang mendaftar, sebanyak 231.104 peserta telah dinyatakan lulus.

Dari jumlah tersebut, 190.444 peserta berhasil lulus untuk program akademik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), menandai langkah awal mereka menuju pendidikan tinggi.

KIP Kuliah dan PTKIN dalam Angka Dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Kemendikbudrisrek, Jakarta, Ganefri juga menyampaikan bahwa 70.992 dari peserta yang lulus merupakan pendaftar KIP Kuliah.

Sementara itu, 12.245 peserta dinyatakan lulus di Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (PTKIN), dan 28.415 peserta berhasil di PTN Vokasi, dengan 11.147 di antaranya adalah pendaftar KIP Kuliah.

Program Studi Terketat dan Peningkatan Kampus Tahun ini, tercatat ada 20 program studi yang menjadi yang terketat dalam seleksi, semuanya berada di jalur vokasi.

Jumlah perguruan tinggi yang membuka seleksi tes juga meningkat menjadi 145 kampus, naik dari 136 kampus pada tahun 2023, dengan penambahan dari PTKIN.

Peserta yang dinyatakan lulus akan melihat tampilan warna biru pada saat pengumuman, sedangkan yang tidak lulus akan menampilkan warna merah. Pengumuman dapat diakses melalui laman resmi SNBT dan 41 link mirror perguruan tinggi negeri.

Abdul Haris, Dirjen Dikti Kemendikbud, memberikan semangat kepada peserta yang tidak lulus, mengingatkan bahwa masih ada jalur Mandiri yang akan dibuka oleh kampus-kampus.

“Jangan menyerah dan tetap semangat untuk mengikuti jalur mandiri yang akan dibuka baik di PTN maupun kesempatan lain di PTS,” ujar Abdul Haris.

Kesempatan masih terbuka lebar bagi para calon mahasiswa untuk mengejar impian mereka di dunia pendidikan tinggi, baik melalui jalur Mandiri maupun di perguruan tinggi swasta. Selamat kepada semua peserta yang telah lulus UTBK-SNBT 2024, dan bagi yang belum berhasil, tetaplah berusaha dan jangan kehilangan harapan. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan