Menu
Leading News For Education For Aceh

10 Orang Siswa SMKN 2 Meulaboh Ikuti Pembekalan Pra Magang ke Jepang

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. MEULABOH – SMK Negeri 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat menyiapkan sebanyak 10 orang siswa kelas XI mengikuti pembekalan atau pelatihan Bahasa Jepang dan Penguatan Budaya Jepang.

Pelepasan siswa itu menuju Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara berlangsung di Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Aceh Barat, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan pembekalan tersebut dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudrisistek sebagai persiapan mengikuti magang kerja di Jepang.

Kepala SMK Negeri 1 Meulaboh, Tarmidhi SST MSi pada Rabu (12/6) mengatakan, untuk saat ini sudah ada sebanyak 10 siswa hasil seleksi di sekolah untuk mengikuti program tersebut.

“Siswa ini ini akan mengikuti pelatihan selama tiga bulan. Tenaga pengajarnya dari SO LPK Eru Putra Indonesia, dimana mereka sendiri nantinya akan memberi pelatihan Bahasa Jepang dan penguatan budaya kerja orang Jepang kepada 10 siswa kami,” sebut Tarmidhi.

Ia mengharapkan, selama 3 bulan belajar intensif di sekolah agar para siswa yang akan mengikuti pembekalan ini, dapat belajar secara fokus dan serius sehingga nantinya mahir berbahasa Jepang dan mengenal budaya Jepang dengan baik dan peluang magang di Negeri Sakura semakin terbuka.

Menurut Tarmidhi, peserta yang memiliki sertifikat dan apabila lolos seleksi nantinya akan dimagangkan ke Jepang ketika sudah lulus dari bangku SMK.

“Dengan begitu seluruh peserta masih memiliki waktu untuk melakukan semua persiapan,” ucap Tarmidhi.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Barat, Abd Aziz SH MSi saat pelepasan mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Aceh yang telah memberi semangat untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Aceh khususnya Aceh Barat.

“Terima kasih juga kami sampaikan khususnya kepada Kadisdik Aceh yang selalu memberikan arahan teknis dan bimbingan akan nilai-nilai perilaku ASN yang bersih, bermoral dan melayani sepenuh hati,” kata Aziz.

Dikatakannya, kegiatan pembekalan persiapan magang ke Negeri Sakura merupakan langkah yang sangat positif dengan melakukan kerja sama pihak sekolah dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Eru Putra Indonesia.

“LPK- Eru Putra Indonesia bertempat di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, dimana siswa SMK Negeri 2 Meulaboh di karantina terlebih dahulu terutama dibekali Bahasa Jepang,” sebutnya.

Aziz berharap, semoga kerja sama ini terjalin dengan baik dan outputnya siswa kita mahir bahasa dan mengenali budaya Jepang, bahkan nantinya bisa bekerja di sana. (*)

  • Bagikan